Cafe Dangdut resmi beroperasi di New York

Cafe Dangdut resmi beroperasi di New York

Jakarta LGMI News – Setelah sukses melangsungkan soft launching di kawasan Smorgasburg WTC Financial Center, New York pada 3 September 2021, akhirnya Cafe Dangdut New York resmi berdiri melalui acara grand launching di Times Square, Manhattan, New York pada 9 September 2021.

Acara pembukaan Cafe Dangdut New York dilakukan bersamaan dengan acara Indopop Movement persis di depan red stairs Times Square. Ribuan orang pengunjung hadir di Times Square menjadi saksi pendirian Cafe Dangdut New York dan Indopop Mvovement sekaligus menikmati penampilan artis-artis Indonesia dan para artis setempat.

Baca juga: Indonesian Dangdut Coffee House diresmikan di New York

Konjen RI New York, Dr. Arifi Saiman, MA menyatakan dukungan penuh terhadap berdirinya Cafe Dangdut New York. Ia berharap Cafe Dangdut New York dapat menjadi titik awal penetrasi Cafe Dangdut di AS dan promosi musik dangdut di dunia.

“Acara ini adalah sebuah momen yang bersejarah karena untuk yang pertama kalinya Indonesia dan musik dangdut bergema di Times Square. Indopop Movement dan Cafe Dangdut adalah cara kami untuk mempromosikan musik dangdut dan kopi Indonesia di Amerika Serikat serta memfasilitasi artis Indonesia untuk berkiprah meniti karir di blantika musik Amerika Serikat melalui kerja sama dengan label ternama setempat,” ujar Arifi dalam siaran resminya dikutip pada Selasa.

Arifi juga mengatakan bahwa kota New York dipilih sebagai tempat pendirian Cafe Dangdut karena ia teringat akan sebuah pepatah: “If You Can Make it Here in New York, You Can Make it Anywhwere”.

Brand kota New York sudah sangat populer di dunia sehingga diharapkan akan memudahkan penetrasi Cafe Dangdut ke kota-kota lain di AS maupun kota-kota lain di dunia.

Usai memberikan sambutan, Arifi menyerahkan plakat Cafe Dangdut yang menandai secara resmi dibukanya Cafe Dangdut New York kepada pedangdut Indonesia, Fitri Carlina.

Acara hiburan Grand Launching Cafe Dangdut New York dan Indopop Movement diawali dengan dua penampilan perdana yaitu pertunjukan tari dan musik gamelan Bali dibawakan oleh DWP KJRI New York pimpinan Kompol Endang Wahyu Kinasih Arifi beranggotakan DWP KJRI New York dan Ibu-Ibu Perbankan.

Penampilan pertama adalah tari penyambutan yang mengiringi dua penari Bali seperti layaknya menyambut kedatangan tamu kehormatan. Penampilan kedua adalah “Tari Cinta”, sebuah tarian kreasi modern yang melambangkan gerakan perdamaian, keharmonisan, dharma, kasih sayang dan keyakinan.

Baca juga: Fitri Carlina siap berdangdut ria meriahkan Tour de Bintan 2018

Setelah pertunjukan budaya, tiga orang desainer Indonesia juga turut unjuk gigi mempersembahkan beragam desain batik yang diperagakan oleh para model lokal. Hengki Kawilarang, Coreta Louise dan Batik Trusmi menampilkan batik berkualitas tinggi yang memukau perhatian para pengunjung Times Square.

Selain itu, dua orang model memperagakan pengantin tradisional Jawa dan Bali persembahan Ernia Redberry dan Indah Aini Griya Pengantin.

Pedangdut Fitri Carlina pun tampil di panggung menyanyikan lagu “Indonesia Pusaka” yang diiringi Permias NYC. Lagunya berhasil menggetarkan hati para WNI dan masyarakat diaspora Indonesia yang hadir pada acara tersebut.

Usai menyanyikan lagu tersebut, warga kota New York diajak bergoyang lewat penampilan Fitri menyanyikan lagu “Maumere” yang berkolaborasi dengan Orkes Sinar Muda besutan Arifi. Orkes Sinar Muda juga mengeluarkan dua lagu andalannya yaitu “C’est La Vie” dan “Kopi Dangdut”.

Sementara itu, Fitri juga melantunkan karya hits-nya yaitu “ABG Tua” dan “Cafe Dangdut” yang disambut meriah oleh para pengunjung Times Square. Di akhir sesinya, Fitri berduet dengan Sean Koh (Eskoh) dengan lagu andalannya “Only Option”, sebuah lagu yang pernah ditampilkan secara virtual pada acara Super Bowl Week dalam Ladies Heart Footbal pada awal Februari 2021 lalu.

Usai penampilan Fitri Carlina, Eskoh dan fesyen show batik Indonesia, acara dilanjutkan dengan penampilan artis setempat yaitu Ghita, Angeliqe Natalia, Lyrivelli, C.N.M dan ditutup dengan lagu dari DJ Calista. Antusiasme penonton tidak hanya terjadi di Time Square namun juga di seluruh Amerika Serikat dan Indonesia.

Acara yang berlangsung selama tiga jam ini juga disiarkan melalui Facebook KJRI New York dan IG Live KJRI New York.

Baca juga: Promosikan dangdut dan kopi, Indonesia buka kafe dangdut di New York

Baca juga: Diaspora Indonesia luncurkan ‘Cafe Dangdut’ di kota New York

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021



Berita ini bersumber dari Kantor Berita Antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *